Kenali Tiga Jenis Gangguan Kecemasan dan Gejalanya

 



Orang-orang tentu sempat berasa kuatir, serta ini adalah hal yang normal, ditambah lagi bila sedang dilanda permasalahan. Tetapi berhati-hati bila rasa kuatir ada terlalu berlebih atau seringkali. Dapat jadi itu adalah sinyal masalah kekhawatiran.


Kuatir atau anxiety ialah perasaan grogi atau resah. Umumnya orang akan merasakannya saat bertemu dengan keadaan spesifik, contohnya sebelum interviu kerja, sebelum ujian, waktu harus memutuskan penting, atau saat menanti hasil kontrol dokter.


Rasa kuatir adalah reaksi alami badan pada depresi, yang sebetulnya berguna untuk bikin kita bertambah lebih waspada serta siaga. Tetapi, rasa kuatir dapat jadi kurang sehat bila ada terlalu berlebih, susah dikendalikan, atau sampai mengganggu kesibukan setiap hari. Situasi ini dikatakan sebagai masalah kekhawatiran.


Pemicu Masalah Kekhawatiran Masalah kekhawatiran adalah salah satunya masalah mental yang serius. Situasi ini bisa berasal dari ada permasalahan pada peranan otak yang mengendalikan rasa takut serta emosi.


Ada faktor-faktor yang bisa membuat seorang bertambah beresiko terserang masalah kekhawatiran, yakni:


Pengalaman negatif yang mengakibatkan depresi atau trauma psikologis.


Turunan.


Masalah watak.


Efek obat atau zat spesifik, termasuk juga cafein serta narkoba.


Penyakit spesifik, seperti masalah irama jantung serta penyakit tiroid.


Ketahui Tanda-tanda serta Langkah Menanganinya Ada beberapa macam masalah kekhawatiran, yakni masalah cemas, masalah kekhawatiran sosial, dan masalah kekhawatiran umum atau lengkap (GAD). Tanda-tanda serta penyembuhan masalah kekhawatiran juga berlainan, bergantung pada macamnya.


1. Masalah cemas Pasien masalah cemas akan alami gempuran cemas atau atau kekhawatiran terlalu berlebih dengan cara mendadak serta berkali-kali, tanpa ada fakta yang pasti. Frekwensi serta tingkat keparahannya juga beragam. Di bawah ini ialah gejala-gejala yang bisa ada waktu berlangsung masalah cemas:


Berkeringat


Palpitasi (berdebar-debar)


Berasa seperti terselak atau sesak di dada


Ngilu dada


Berasa seperti alami penyakit serangan jantung


Ketakutan


Gemetaran


Berasa seperti tidak berkapasitas


Seorang dengan situasi ini berasa seperti akan terserang kapanpun serta dimanapun. Masalah cemas umumnya berjalan kurang dari 10 menit, tetapi ada pula yang berjalan sampai satu jam atau bisa lebih.


Bila alami tanda-tanda berbentuk jantung berdebar atau ngilu dada waktu gempuran cemas ada, Anda dianjurkan untuk duduk serta pejamkan mata. Selanjutnya tarik napas dalam-dalam lewat hidung, serta hembuskan lewat mulut. Ulangilah seringkali sampai berasa semakin tenang.


Bila cara itu gagal, cepatlah jumpai dokter atau psikolog. Penyembuhan yang diberi oleh dokter untuk mengatasi masalah cemas bisa berbentuk pemberian beberapa obat penurun kuatir serta psikoterapi, seperti therapy sikap kognitif.


2. Masalah kekhawatiran sosial Masalah kekhawatiran sosial atau fobia sosial adalah rasa kuatir atau takut yang mengagumkan pada keadaan sosial atau hubungan dengan seseorang, baik sebelum, setelah, atau semasa ada pada kondisi itu.


CARA HITUNG ODDS JUDI BOLA ONLINE Orang dengan masalah kekhawatiran sosial akan berasa takut untuk menjelaskan atau lakukan suatu hal di muka seseorang atau dalam tempat umum, sebab memandang hal itu akan membuat malu mereka.


Gejala-gejala masalah kekhawatiran sosial ialah:


Takut atau malas untuk berhubungan serta menegur seseorang, khususnya orang yang tidak diketahui.


Mempunyai tingkat keyakinan diri yang rendah.


Hindari bertatapan mata dengan seseorang.


Takut dinilai atau dihakimi seseorang.


Malu atau takut untuk melancong ke luar rumah atau ada dalam tempat umum.


Masalah kekhawatiran sosial tidak sama dengan perasaan malu biasa. Orang yang pemalu biasanya masih dapat lakukan hubungan sosial atau melakukan komunikasi serta jalani kesibukan setiap hari, walau kemungkinan berasa malu bila harus bertegur sapa atau dibawa berteman dengan seseorang.


Bila rasa malu atau takut berhubungan dengan seseorang dirasa benar-benar ekstrim, sampai mengakibatkan kesusahan dalam jalani kesibukan setiap hari serta bergaul, karena itu situasi ini perlu memperoleh pertolongan klinis dari psikiater atau psikolog.


Penyembuhan masalah kekhawatiran sosial dapat berbentuk mengonsumsi obat penurun kuatir serta antidepresan, dan therapy sikap kognitif untuk sisi dari psikoterapi.


3. Masalah kekhawatiran umum (generalized anxiety disorder/GAD) Tipe masalah kekhawatiran ini membuat penderitanya merasai kuatir terlalu berlebih yang tinggal dalam tempo lama, umumnya sampai lebih dari enam bulan. Pasien GAD akan mencemaskan serta pikirkan beberapa hal (overthinking). Beberapa hal yang dipikir dapat bermacam, contohnya keuangan, kesehatan, hipokondria, atau pekerjaan.


Seorang yang menanggung derita masalah kekhawatiran umum umumnya tidak dapat konsentrasi dalam satu hal, susah fokus, serta tidak dapat berasa enjoy. Pada beberapa masalah, rasa kuatir ini dapat demikian berat sampai memunculkan stres.


Di bawah ini ialah gejala-gejala yang bisa dirasa oleh pasien masalah kekhawatiran umum:


Gemetaran serta keringat dingin


Otot tegang


Pusing serta sakit di kepala


Gampang geram


Sulit tidur


Dada berdebar-debar


Seringkali berasa capek


Sesak napas


Berasa seringkali ingin berkemih


Tidak selera makan


Penyembuhan untuk masalah kekhawatiran umum dapat dilakukan dengan dua langkah, yaitu lewat psikoterapi serta pemberian beberapa obat psikotropika atau obat penenang.


Bila didiamkan tanpa ada perlakuan yang pas, masalah kekhawatiran bisa berefek jelek serta kurangi kualitas hidup penderitanya. Oleh karenanya, bila Anda alami rasa kuatir yang terlalu berlebih sampai mengganggu kesibukan setiap hari, seharusnya cepatlah konsultasi sama dokter.


Postingan populer dari blog ini

Protests continued through the early summer but struggled to get traction. Most groups remained focused on internet activism.

Unlike various other participants of the government judiciary, the Supreme Court's 9 life-tenured justices possessed lengthy behaved without any binding principles code.

therapeutics that could harness the power of circadian rhythms