Mengenal Makanan Tinggi Lemak Trans dan Bahayanya

 



Hidup Sehat Mengenali Makanan Tinggi Lemak Trans serta Bahayanya Pola hidup yang makin repot membuat beberapa orang tidak pernah menyiapkan makanan sendiri serta berubah ke makanan cepat saji. Tetapi, makanan olahan seringkali memiliki kandungan lemak trans yang disebut tipe lemak terjelek untuk kesehatan.


Makanan yang dikonsumsi bisa memiliki kandungan dua tipe lemak, yakni lemak tidak jemu serta lemak jemu. Lemak tidak jemu adalah lemak yang berguna buat kesehatan. Misalnya ialah lemak dari ikan serta tumbuh-tumbuhan. Sebaliknya, lemak jemu adalah lemak yang mempunyai dampak jelek pada kesehatan. Sumbernya umumnya dari produk hewani.


Lemak trans salah satu tipe lemak jemu. Lemak ini dengan alamiah bisa diketemukan dalam jumlah kecil pada daging sapi, kambing, serta produk dairy, seperti susu atau keju. Tetapi, sekarang ini industri pangan banyak menghasilkan lemak trans bikinan dengan memberikan tambahan zat hidrogen pada minyak sayur atau minyak goreng. Maksudnya ialah untuk bikin makanan bertambah awet serta tingkatkan cita rasa.


Bahaya Lemak Trans pada Kesehatan


Lemak trans mengakibatkan kandungan cholesterol jahat (LDL) serta trigliserida dalam darah bertambah, dan turunkan kandungan cholesterol baik (HDL).


Riset memperlihatkan jika lemak trans bikinan mempunyai dampak yang bertambah jelek pada kesehatan dibanding lemak trans dari sumber alami. Efek-efek jelek dari lemak trans ini ialah:


Mengakibatkan penyakit jantung koroner LDL serta trigliserida yang bertambah bisa menimbun serta membuat plak di pembuluh darah jantung. Situasi ini membuat pembuluh darah itu menyempit, hingga saluran darah ke jantung terhalang, serta lama kelamaan akan mengakibatkan penyakit jantung koroner.


Mengakibatkan stroke Kecuali penyakit jantung, konsumsi lemak trans berlebihan dapat juga tingkatkan efek berlangsungnya stroke. Stroke dapat berlangsung jika plak yang tercipta pada pembuluh darah lepas, selanjutnya mengalir ke pembuluh darah otak serta menyebabkan sumbatan.


Saat ini berlangsung, saluran darah yang mengirim oksigen ke jaringan otak akan terhalang, hingga jaringan itu rusak atau mati. Mengakibatkan, terjadi stroke.


Jadi memperburuk penyakit diabetes type 2 Selama ini, riset yang membahas hubungan di antara lemak trans serta penyakit diabetes belum juga memperlihatkan data yang persisten. Tetapi, diketahui jika skema makan tinggi lemak jemu serta lemak trans terkait dengan bertambahnya kekebalan insulin serta naiknya kandungan gula darah.


Ini dirasakan khususnya oleh pasien obesitas dengan diabetes serta cholesterol tinggi. Skema makan yang kurang sehat, termasuk juga yang tinggi lemak trans, disangka bisa tingkatkan infeksi pada tubuh hingga efek diabetes ikut bertambah. Ini diketahui bisa tingkatkan efek berlangsungnya batu empedu.


Makanan yang Tinggi Lemak Trans Untuk kurangi efek timbulnya beberapa penyakit di atas, mengonsumsi lemak trans perlu dibatasi sampai optimal 2 gr /hari.


Beberapa makanan yang memiliki kandungan banyak lemak trans ialah:


Kue-kue yang dipanggang, donat, cookies, serta pie yang umumnya dibuat dari minyak sayur yang sudah dipadatkan (partially hydrogenated oils).


Keripik kentang, keripik jagung, serta popcorn microwave yang umumnya dibuat dengan lemak trans untuk menyedapkan rasa serta membuat bertambah awet.


Makanan yang digoreng, seperti ayam goreng serta kentang goreng. Terkadang minyak yang dipakai ialah minyak sayur biasa, tetapi proses menggoreng dengan suhu tinggi bisa mengakibatkan terciptanya lemak trans, terlebih jika minyak itu telah dipakai berkali-kali.


Flashback Zlatan Ibrahimovic Bikin Konfirmasi, Penggemar Manchester United Gigit Jari Margarin, mentega, serta creamer kopi yang seringkali dipakai untuk alternatif produk susu dalam membuat kopi.


Piza, crackers, serta biskuit kalengan.


Makanan yang Tinggi Lemak Baik Walau mengonsumsi lemak dihubungkan dengan permasalahan kesehatan, bukan bermakna semua tipe lemak harus dijauhi. Lemak masih diperlukan oleh badan untuk membuahkan energi, jaga temperatur badan masih hangat, membuat sel serta hormon, dan menghisap beberapa vitamin.


Mengonsumsi tipe lemak yang baik, yakni lemak tidak jemu (terutamanya omega-3 serta omega-6), dapat turunkan efek penyakit jantung. Salah satunya tipe skema makan yang banyak merekomendasikan mengonsumsi lemak sehat ini ialah diet Mediterania. Contoh sumber lemak tidak jemu ialah:


Alpukat.


Kacang-kacangan.


Flaxseed.


Ikan laut, seperti salmon, tongkol, serta tuna.


Minyak sehat, termasuk juga minyak zaitun, minyak canola, serta minyak biji bunga matahari.


Dengan kurangi mengonsumsi lemak trans serta tingkatkan mengonsumsi lemak sehat, Anda bisa kurangi efek terserang penyakit jantung, stroke, serta diabetes.


Awasi mengonsumsi lemak trans dengan kurangi mengonsumsi gorengan serta makanan cepat saji, dan makanan paket yang memakai minyak sayur terhidrogenasi parsial (partially hydrogenated) dalam formasnyai.

Postingan populer dari blog ini

Protests continued through the early summer but struggled to get traction. Most groups remained focused on internet activism.

Unlike various other participants of the government judiciary, the Supreme Court's 9 life-tenured justices possessed lengthy behaved without any binding principles code.

therapeutics that could harness the power of circadian rhythms